Rabu, 11 Desember 2013

Wisata Religi Ziarah Wali Jawa Timur

Jamaah Wisata Religi Ziarah Wali Jawa Timur 23-24 November 2013

Lantunan dzikir menggema bersautan. Ada yang membaca tahlil. Ada yang membaca surat Yasin. Ada yang membaca tasbih. Dan ada pula yang melantunkan sholawat nabi.  Sementara disisi pojok seorang perempuan paruh baya dengan nada lirih memanjatkan doa  “Duh, Gusti Allah mugi panjengengan paring tambah iman lan taqwa dumateng kulo sak anak turun kulo. Mugi panjenengan mbagusaken akhlak kulo sedoyo lan anak turun kulo kadosno akhlakipun Kanjeng Nabi, kadosno akhlak para kekasih panjenengan.” Fenomena tersebut selalu dilihat setiap hari dimakam Wali Songo. Fakta  menunjukkan bahwa ribuan orang dari
berbagai penjuru Indonesia dalam tiap hari berwisata rohani di makam Wali Songo. Makam Wali Songo yang selalu menjadi kunjungan orang adalah Maulana Malik Ibrahim, Sunan Ampel, Sunan Giri, Sunan Kalijaga, Sunan Drajad, Sunan Bonang, Sunan Kudus, Sunan Muria, Sunan Gunung Jati.

Tanggal 23-24 Nopember 2013 lalu Majelis Jejak Wali (MWJ) melakukan lawatan wisata rohani ke makam wali songo yang berada di Jawa Timur. Bersama 85 orang mengunjungi makam penyebar agama Islam. Wisata Religi mengunjungi makam waliullah merupakan agenda rutin MJW sejak tahun 2012.  Ketua Panitia Wisata Religi dari MJW Yogyakarta Imam Prayitno mengatakan, wisata rohani dengan melakukan ziarah ke makam Wali Songo atau aulia bertujuan membangkitkan semangat untuk meningkatkan ketaqwaan kepada Allah. Cukup banyak orang yang hidupnya penuh dengan dosa. Namun setelah berziarah di makam waliullah atau auliaperilakunya berubah menjadi baik. “Yang pasti, ziarah makam waliullah Wali Songo untuk meningkatkan spiritual. Sehingga tidak akan mengalami kekeringan rohani dalam menjalani kehidupan yang semakin kompleks. Kemudian hidup semakin cerita untuk menatap masa depan dengan penuh optimism,” ujar Imam. 

Perjalanan wisata religi dimulai dari Alun-Alun Utara Yogyakarta menuju Makam Sunan Bonang di Tuban. Dilanjutkan ke Makam Maulana Ibrahim Asmoro Qondi (Tuban), Sunan Drajad (Paciran Lamongan), Sunan Giri (Gresik), Maulana Malik Ibrahim (Gresik), Sunan Ampel (Surabaya) dan KH Abdurrahman Wahid alias Gus Dur (Jombang). Selain ke makam, rombongan jejak wali juga singgah di Masjid Ashabul Kahfi Tuban dan melintas di jembatan Suramadu. Dikompleks makam Sunan Drajad Paciran para peziarah juga menyaksikan koleksi benda kuno bangunan peninggalan Sunan Drajad yang tersimpan dalam museum. Kegiatan seperti ini merupakan program rutin MJW-Y. kegiatan ini didukung sepenuhnya oleh Yayasan Kodama Krapyak Yogyakarta, Masjid Al Maksum Prawirodirjan Gondomanan Yogyakarta & Redaksi Info Wisata Jogja, serta Surat Kabar Harian Kedaulatan Rakyat. (im)